4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Jasa Transaksi Online

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Jasa Transaksi Online

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat masyarakat lebih mudah dalam melakukan beberapa hal, contohnya saja seperti bertransaksi. Sekarang ini untuk bisa melakukan transaksi tidak harus bertemu langsung dengan orang yang akan diajak bertransaksi karena sudah bisa dilakukan secara online. Transaksi secara online memang dirasa lebih mudah dan menguntungkan untuk masyarakat, selain itu juga memberikan beberapa opsi dalam metode pembayarannya. Transaksi secara online lebih mudah karena tidak perlu bertatap muka langsung dengan orangnya dan juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun di dalam melakukan transaksi secara online ada baiknya jika Anda tetap waspada karena dengan tidaknya bertatap muka serta batasan wilayah, ada kemungkinan jika Anda bisa tertipu. Agar lebih aman di dalam melakukan transaksi secara online, maka Anda bisa menggunakan jasa transaksi online seperti paypal, ebay atau yang lainnya. Namun jasa transaksi secara online terdapat banyak pilihan, oleh karena itu Anda juga bisa memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

Kredibilitas Baik

Yang pertama adalah pastikan kredibilitasnya baik. Jika kredibilitasnya baik, maka Anda bisa langsung melanjutkan transaksi tersebut. untuk bisa melihat kredibilitasnya, Anda bisa meminta rekomendasi dari beberapa orang yang sudah menggunakan jasanya, selain itu bisa juga dengan melihat dan membaca beberapa review yang terdapat pada internet. Merchant yang memiliki kredibilitas baik biasanya menampilkan alamat lengkap dan juga beberapa kontak yang dibutuhkan, selain itu juga selalu siap jika dimintai bantuan konsumen kapan saja.

Menggunakan Komputer Sendiri

Kemudian yang kedua adalah perhatikan komputer yang Anda gunakan, Anda perlu waspada, terlebih lagi jika Anda menggunakan komputer orang lain atau warnet, hal tersebut karena banyak program yang dapat mencatat ketikan orang melalui keyboard yang digunakan sehingga nantinya akan memungkinkan beberapa data penting Anda terekam. Oleh karena itu jika Anda ingin menggunakan jasa transaksi online atau melakukan transaksi secara online, maka sebaiknya menggunakan komputer Anda sendiri.

Waspadai Keluar Masuknya Email

Lalu Anda juga perlu mewaspadai keluar masuknya pesan yang ada pada email, email sendiri sering kali dijadikan sebagai alat pencurian data – data penting. Contohnya saja ada customer service yang menyuruh Anda melakukan log in dan meminta untuk mengeklik link yang ada di dalam pesan tersebut. Jika Anda masuk ke dalam link lain dan terlanjur memasukan username serta password, maka bisa jadi orang yang tidak bertanggung jawab tersebut sudah merekam data – data Anda sehingga sejumlah uang yang ada di dalam account akan dapat hilang kapan saja.

Menghindari Penyimpanan Data Penting Dalam Komputer

Selain itu Anda juga perlu untuk menghindari menyimpan beberapa data penting seperti user name, password dan juga beberapa informasi payment dan data penting yang lainnya di komputer Anda agar lebih aman. Anda juga bisa memprotek komputer dengan menggunakan beberapa program yang dapat mengamankan data – data. Jadi dengan demikian Anda akan dapat menggunakan jasa transaksi online secara maksimal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak