Sekilas Pandang Pulau Tidung

Kali ini kami dari www.wisatapulautidung.com akan membagikan sedikit tentang fakta-fakta atau beberapa hal yang menarik dari pulau tidung. Sebuah pulau yang terletak di kepulauan seribu. Kepulauan seribu merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari beberapa gugusan-gugusan pulau. Salah satunya yaitu adalah pulau tidung. Pulau tidung sendiri luasnya kurang lebih 109 Ha dengan jumlah penduduk sekitar 4000 jiwa. Pada saat ini, pulau tidung sendiri merupakan sebuah pusat kecamatan dengan membawahi setidaknya 3 buah kecamatan. Ada banyak hal yang menarik yang bisa diambil dan digali dari pulau tidung tersebut. Salah satunya adalah cerita yang cukup menarik dari terbentuknya nama pulau tidung. Ada beberapa versi yang mengisahkan tentang penamaan pulau tidung tersebut, salah satu yang cukup populer adalah bahwa cerita mengenai penamaan pulau tidung yang ternyata merupakan pemberian dari seorang raja yang berasal dari kalimantan timur.

Wisatapulautidung.com. selain kisah penamaan pulau tidung yang menarik untuk diketahui, asal muasal penduduk asli dari pulau tidung ini juga ternyata menarik untuk dicari tahu. Berdasarkan kisah yang terhimpun dari berbagai sumber, menyebutkan bahwa penduduk asli pulau tidung merupakan 2 suku keturunan yang berbeda asalnya. Suku pulau tidung yang pertama berasal dari banten sedangkan suku pulau tidung yang kedua berasal dari kalimantan. Maisng masing sukupun dipimpin oleh pemimpin yang berbeda, suku tidung yang berasal dari kalimantan di pimpin oleh seorang raja pandita, sedangkan suku tidung yang berasal dari banten di pimpin oleh seorang yang bergelar panglima hitam. Sampai saat ini makam kedau pemimpin suku di pulau tidung ini masih sering dikunjung peziarah dan lantas karena keunikan asal muasal suku tidung yang terdiri dari 2 suku berbeda maka akhirnya pada masa sekarang melahirkan sebuah kebudayaan suku atau masyarakat di pulau tidung yang cukup menarik, misalkan saja dari dialek mereka berbicara.

Wisatapulautidung.com. melihat keunikan dan keberagaman secara history yang dibawa oleh masyarakat dan suku di pulau tidung yang cukup menarik, maka rasanya tidak salah jika dimasa kini dan mungkin juga dimasa yang akan datang pulau tidung akan tetap menjadi daerah tujuan wisata yang cukup menarik wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Selain itu pula, melihat peluang dan potensi dari pulau tidung ini, maka kami menawarkan berbagai pilihan jenis wisata pulau tidung yang bisa anda pesan dan nikmati hanya dengan menggunakan jawa wisata pulau tidung di wisatapulautidung.com.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak