Pengabdian Masyarakat BSI | Pelatihan Word & Excel Desa KarangKemojing


Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) AMIK BSI Purwokerto pada awal bulan maret ini diselenggarakan di Balai Desa KarangKemojing, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas. PM kali ini berbentuk pelatihan microsoft office word dan excel kepada perangkat-perangkat desa karangkemojing. Pelatihan ini dimaksudkan supaya para perangkat desa yang rata-rata umurnya sudah di atas kepala tiga, bisa mengoperasikan word dan excel. Ini karena semua pengolahan data yang ada di desa karangkemojing menggunakan kedua aplikasi tersebut dan tidak semua perangkat desa menguasainya.

Pelatihan microsoft word dan excel di desa karangkemojing dilakukan tepat tanggal 5 maret 2015, yaitu dua hari setelah ulang tahun BSI. Tutor atau pembicara dalam pelatihan ini adalah Ibu Eva Argarini Pratama (Word) dan Ibu Corie Mei Hellyana (Excel). Jumlah peserta dalam pelatihan ini kurang lebih 20 orang yang kebanyakan merupakan para pejabat desa setempat dan beberapa warga desa.
Kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan dari Bapak Joko Purnama, selaku Kepala Desa KarangKemojing dan Bapak Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan selaku perwakilan dari AMIK BSI Purwokerto.

Bapak Joko Purnomo

Bapak Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

Sebagai tutor sesi pertama, Ibu Eva mengawali materi dengan pengenalan dasar microsoft office word kepada para peserta pelatihan, dilanjut dengan materi yang tentu berkaitan erat dengan pekerjaan sehari-hari para pejabat desa yaitu mengenai surat-menyurat. Dalam hal ini, Ibu Eva memfokuskan pada pembuatan surat undangan masal yaitu dengan menggunakan tools mail-merge pada microsoft office word. Tools ini akan memudahkan dalam membuat surat undangan dengan jumlah yang banyak, sehingga tidak perlu mengetik satu per satu. 

Ibu Eva Argarini Pratama

Ibu Eva Argarini Pratama

Ibu Eva Argarini Pratama

Dalam sesi kedua atau terakhir, Ibu Corie sebagai tutor, melatih para pejabat desa untuk dapat mengoperasikan microsoft office excel secara lebih optimal, terutama dalam hal hitung-hitungan. Beliau memberikan beberapa rumus untuk menyelesaikan soal hitung-hitungan kepada para peserta pelatihan diantaranya rumus untuk menjumlahkan data, mencari rata-rata, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah dan masih banyak yang lainnya. Dengan rumus yang diberikan, diharapkan dapat memudahkan para pejabat desa dalam menjalankan pekerjaannya.

Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari masing-masing tutor, hingga akhirnya pelatihan word dan excel di desa karangkemojing selesai sekitar pukul 12.30 WIB. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan foto bersama para peserta pelatihan. Semoga dengan adanya pelatihan yang diadakan AMIK BSI Purwokerto di desa karangkemojing dapat memberikan manfaat bagi para peserta pelatihan.  

Ibu Corie Mei Hellyana

Ibu Corie Mei Hellyana

Bapak Saifudin

Ibu Eva Argarini Pratama

Bapak Aprih Widayanto

Bapak Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

Bapak Vadlya Maarif

Bapak Nuzul Imam Fadlilah

Ibu Ina Maryani

Bapak Chandra Kesuma


4 Komentar

  1. Artikel yang menarik, tulisannya professional :D

    BalasHapus
  2. Tertimakasih telah berbagi informasi dengan perangkat desa kami.
    matur suwun sanget

    #cah karang kemojing

    BalasHapus
  3. Program pemberdayaan yg keren abiss....

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak